Langsung ke konten utama

Kisah Boas, Sang Penebus

Di Bethlehem ini telah lahir Penebus:
  1. Boas, Penebus satu keluarga, yaitu keluarga Elimelekh
  2. Daud, Penebus satu bangsa, yaitu bangsa Israel.
  3. Yesus Kristus, Penebus Dunia!
Mengapa Bethlehem melahirkan Penebus? Oleh karena Bethlehem adalah Rumah Roti.
Di mana ada roti, di sana ada kekuatan. Roti untuk dimakan yang menguatkan manusia lahiriah; roti yang kehidupan, yaitu firman Tuhan yang mengenyangkan dan menguatkan manusia batiniah.
Anda pun akan dijadikan Tuhan sebagai penebus bagi sesama bilamana Anda memiliki roti hidup, yaitu firman Tuhan yang segar.
Namun bilamana Anda tidak memiliki roti kehidupan; Anda akan lemah, tidak ada kuasa. Anda membutuh firman Tuhan untuk kehidupan rohani Anda.
Matius 4:4
Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

Saya ingin membagikan tentang 4 berkat yang Tuhan sediakan di hari-hari di depan kita berdasarkan kisah Boas dan Ruth:

1. Penebus kita, Yesus Kristus tidak akan berhenti, sebelum diselesaikannya “perkara Anda” pada hari ini juga.

Ruth 3:18
Lalu kata mertuanya itu: “Duduk sajalah menanti, anakku, sampai engkau mengetahui, bagaimana kesudahan perkara itu; sebab orang itu tidak akan berhenti, sebelum diselesaikannya perkara itu pada hari ini juga.”
Adakah sesuatu “perkara” dalam hidup Anda yang Anda sendiri tidak dapat menyelesaikannya? Sebab perkara itu mungkin terlalu sulit, terlalu berat, atau Anda sendiri sudah mencobanya dan tidak berhasil,
Dan hari ini, apabila Anda percaya bahwa Yesus Kristus Penebus kita sanggup dan bersedia menyelesaikan perkara Anda; bawalah dalam doa perkara itu di hadapan-Nya. Dan Dia akan menyelesaikan bagi Anda.

2. Penebus kita, Yesus Kristus akan menjadi Anda seperti Rahel dan Lea yang melahirkan sebuah umat pilihan Tuhan, yaitu bangsa Israel.

Ruth 4:11a
“Dan seluruh orang banyak yang hadir di pintu gerbang, dan para tua-tua berkata: “Kamilah menjadi saksi. TUHAN kiranya membuat perempuan yang akan masuk ke rumahmu itu sama seperti Rahel dan Lea, yang keduanya telah membangunkan umat Israel…”
Tuhan Yesus, Penebus kita bukan hanya akan menyelesaikan perkara kita sampai tuntas; tetapi juga Dia akan menjadikan Anda pahlawan-pahlawan iman yang keluar sebagai pemenang dalam segala perkara.
Anda akan keluar sebagai pemenang. Anda akan memiliki kesaksian hidup; Anda akan membangun sebuah umat (keturunan) yang layak bagi Tuhan.
Anda akan dijadikan Tuhan sebagai “history maker” sebab Anda memiliki hati seorang penebus; yang suka menuruti perintah firman Tuhan; suka berbuat baik, suka menolong, suka berkorban demi mewujudkan impian dan harapan orang lain.
Saya mendapatkan sebuah kisah yang sangat menyentuh hati saya untuk lebih lagi mengasihi sesama dengan berbuat baik, menolong orang lain mewujudkan impian mereka, yaitu sebuah kisah tentang seorang pemandu/sherpa yang bernama TENZING NORGAY.
Setelah Sir Edmund Hillary bersama Tenzing Norgay (pemandu/sherpa) kembali turun dari puncak Mount Everest, hampir semua reporter dunia berebut mewawancarai Sir Edmund Hillary, namun hanya ada seorang reporter yang mewawancarai Tenzing Norgay,
Berikut adalah cuplikan wawancaranya:
Reporter: “Bagaimana perasaan Anda dengan keberhasilan Edmund Hillary menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia?”
Tenzing Norgay: Saya sangat senang sekali.”
Reporter: “Anda seorang sherpa/pemandu bagi Edmund Hillary. Posisi Anda tentunya di depannya. Bukankah seharusnya Andalah yang seharusnya menjadi orang pertama di dunia yang menjejakkan kaki di puncak Mount Everest?”
Tenzing Norgay: “Ya, benar sekali. Ketika tinggal satu langkah mencapai puncak, saya mempersilahkan Tuan Edmund Hillary untuk menjejakkan kakinya lebih dahulu dan menjadi orang pertama yang berhasil menaklukkan puncak gunung tertinggi di dunia.”
Reporter: “Mengapa Anda melakukan hal itu?”
Tenzing Norgay: “Karena itulah impian Tuan Edmund Hillary, bukan impian saya. Impian saya hanyalah berusaha menolong dia untuk mewujudkan impiannya.
Tenzing Norgay, seorang pemandu/sherpa yang memiliki hati yang mulia. Impiannya adalah berusaha menolong untuk mewujudkan impian orang lain.

Bagaimana dengan Anda?

3. Penebus kita, Yesus Kristus akan membuat Anda menjadi makmur dan termasyur

Ruth 4:11b
Biarlah engkau menjadi makmur di Efrata dan biarlah namamu termasyhur di Betlehem,
Boas, membeli tanah Elimelekh dari tangan Naomi; sertifikat kepemilikan tanah itu tetap atas nama dan milik Elimelekh. Di sini ia mengorbankan hartanya untuk orang lain.
Menurut Hukum Taurat, Demi menegakkan keturunan Elimelekh di tanah pusakanya, Boas menikahi Ruth. Dan anak hasil pernikahannya dengan Ruth bukan menjadi anaknya tetapi menjadi anak Mahlon, mendiang suami Ruth. Di sini ia mengorbankan masa depan hidupnya.
Apabila Anda memiliki hati seorang Boas, yang suka menuruti perintah firman Tuhan dengan suka berbuat baik dan rela mengorbankan dirinya untuk menolong orang lain maka Tuhan akan menjadikan Anda makmur dan termasyur.

4. Penebus kita, Yesus Kristus akan melimpahkan Anda kasih karunia-Nya

Ruth 4:13-14
Lalu Boas mengambil Rut dan perempuan itu menjadi isterinya dan dihampirinyalah dia. Maka atas karunia TUHAN perempuan itu mengandung, lalu melahirkan seorang anak laki-laki.
Sebab itu perempuan-perempuan berkata kepada Naomi: “Terpujilah TUHAN, yang telah rela menolong engkau pada hari ini dengan seorang penebus. Termasyhurlah kiranya nama anak itu di Israel.
“Atas karunia Tuhan”
Bilamana Anda melakukan segala sesuatunya dengan iman maka Anda akan mendapat “sesuatu yang tidak biasa;” yang melampaui hukum-hukum medis, hukum-hukum ekonomi, dan hukum-hukum dunia lainnya sebab Anda mendapatkan “kasih karunia” Tuhan Yesus.
Matius 1:5
Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai,
Boas menikahi Ruth hanya untuk menebusnya sehingga semua harta kekayaannya dan keturunannya menjadi atas nama Mahlon, anak Naomi, begitulah aturannya menurut ketentuan hukum Taurat.
Namun Tuhan tidak menyebut nama Mahlon di dalam silsilah keturunan Yesus Kristus, tetapi justru nama BOAS. Di sinilah Tuhan melimpahkan kasih karunia-Nya yang melebihi dari Hukum Taurat.
Hal itu terjadi karena “atas karunia Tuhan.”

Saya berdoa kiranya Anda percaya kepada Yesus Kristus, Tuhan dan Penebus kita:

  • Percayalah bahwa Penebus kita, Tuhan Yesus akan tuntaskan semua perkara Anda.
  • Percayalah bahwa Penebus kita, Yesus Kristus akan menjadi Anda seperti Rahel dan Lea yang melahirkan sebuah umat pilihan Tuhan, yaitu bangsa Israel.
  • Percayalah bahwa Penebus Anda, Tuhan Yesus Kristus akan membuat Anda makmur dan masyur di dalam hidupmu untuk kemuliaan nama-Nya dan agar banyak orang diselamatkan.
  • Percayalah bahwa Penebus Anda, Tuhan Yesus Kristus akan melimpahkan “kasih karunia-Nya,”
Tuhan Yesus memberkati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Tipe Kristen

bibir seorang kristen