SOTERIA

 


Arti kata "Soteria" dalam Alkitab berasal dari bahasa Yunani yang secara umum berarti keselamatan, pembebasan, atau kelepasan.

Soteria adalah sebuah kata Yunani yang berarti "penyelamatan" atau "pembebasan". Dalam Alkitab, istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada konsep penyelamatan atau pembebasan rohani yang diberikan oleh Allah kepada manusia. Konsep soteria dalam Alkitab berkaitan erat dengan konsep dosa dan keselamatan. Dosa dianggap sebagai keadaan yang memisahkan manusia dari Allah, sementara soteria adalah upaya Allah untuk menyelamatkan manusia dari akibat dosa dan mengembalikan hubungan yang baik antara manusia dan-Nya. Dalam Perjanjian Lama, konsep soteria sering kali merujuk pada pembebasan fisik, seperti pembebasan dari musuh atau penyakit. Namun, dalam Perjanjian Baru, konsep ini berkembang menjadi pembebasan yang lebih mendalam, yaitu pembebasan dari dosa dan kematian kekal. Salah satu ayat yang menekankan konsep soteria dalam Perjanjian Baru adalah dalam Kisah Para Rasul 4:12, di mana dikatakan bahwa "Dan tidak ada keselamatan dalam siapapun juga selain dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita harus diselamatkan." Dengan demikian, soteria dalam konteks Alkitab mengacu pada penyelamatan atau pembebasan yang diberikan oleh Allah kepada manusia melalui iman pada Yesus Kristus sebagai Juruselamat. Ini merupakan inti dari pesan Injil dalam Alkitab Kristen.

Makna "Soteria" ini bisa memiliki beberapa aspek:

Pembebasan dari murka Allah: Yaitu hukuman yang seharusnya diterima manusia karena dosa Sumber Alkitab: kitab suci Injil Matius 19:24-25 Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah." 19:25 Ketika murid-murid mendengar itu, sangat gemparlah mereka dan berkata: "Jika demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?"

  • Pembebasan dari konsekuensi dosa: Selain hukuman, dosa juga membawa penderitaan. Soteria bisa berarti terbebas dari akibat buruk tersebut. Sumber Alkitab: [مكنه [kitab suci Mazmur 106:10:    Demikian diselamatkan-Nya mereka r dari tangan pembenci, s ditebus-Nya mereka t dari tangan musuh
  • Pembebasan secara menyeluruh: Selain aspek spiritual, Soteria bisa juga berarti pembebasan dari bahaya atau penindasan secara fisik Sumber Alkitab: [مكنه [kitab suci Keluaran 14:13: [URL yang tidak valid dihapus]]

Konsep Soteria dalam kekristenan umumnya dikaitkan dengan karya penyelamatan Yesus Kristus. Melalui pengorbananNya di kayu salib, manusia berdosa beroleh kesempatan untuk menerima kasih karunia dan perdamaian dengan Allah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Tipe Kristen

bibir seorang kristen