DUNAMIS

 


"Dunamis" adalah kata dalam bahasa Yunani yang berarti "kekuatan".

Arti "dunamis" ini mempengaruhi kata-kata dalam bahasa Inggris seperti "dynamite" (dinamit), "dynamo" (dinamo), dan "dynamic" (dinamis).

Dalam Alkitab, "dunamis" kadang-kadang diterjemahkan sebagai "kebajikan" untuk menggambarkan kuasa yang dimiliki Yesus, misalnya dalam Markus 5:30 yang bercerita tentang Yesus menyembuhkan seorang wanita yang sakit [Alkitab].


"Dunamis" adalah kata Yunani yang sering kali digunakan dalam Perjanjian Baru dalam Alkitab. Arti dari "dunamis" adalah kekuatan, kekuatan luar biasa, atau kekuatan yang hebat. Istilah ini mewakili kekuatan ilahi atau kekuatan Roh Kudus yang bekerja dalam kehidupan orang percaya, memberi mereka kekuatan untuk melakukan kehendak Allah dan memberikan kesaksian tentang Kristus.

Dunamis juga dapat merujuk pada kekuatan yang bersifat mukjizat atau keajaiban, seperti yang diberikan oleh Yesus kepada para murid-Nya untuk melakukan mujizat, menyembuhkan orang sakit, mengusir roh jahat, dan melakukan tanda-tanda yang menakjubkan lainnya.

Dalam konteks rohani, dunamis merujuk pada kekuatan Allah yang bekerja dalam hidup orang percaya untuk mengubah hati, mengubah kehidupan, dan melakukan karya-karya besar bagi Kerajaan-Nya.


Berikut adalah beberapa ayat Alkitab yang merujuk kepada kata "dunamis":

Markus 5:30

Seketika itu Yesus mengetahui, bahwa ada kuasa yang keluar dari diri-Nya, lalu Ia berpaling di tengah orang banyak dan bertanya: "Siapa yang menjamah jubah-Ku?"

Kisah Para Rasul 1:8

Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.

Efesus 3:20

Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,

Roma 1:16

Sebab aku tidak malu terhadap Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani.

1 Korintus 2:4

Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak dengan kata-kata yang meyakinkan hikmat manusia, tetapi dengan bukti kuasa Roh.

2 Timotius 1:7

Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Kolose 1:29

Dialah yang memberi kekuatan kepadaku untuk menanggung segala perkara dengan perantaraan Dia yang menguatkan aku.

Lukas 4:36

Lalu semua orang yang hadir itu heran dan berkata: "Perkataan macam apakah ini? Dengan kuasa dan wibawa Ia memberi perintah kepada roh-roh jahat dan mereka pun keluar."

Kisah Para Rasul 19:11

Dan Allah melakukan mujizat-mujizat yang luar biasa oleh tangan Paulus,

Matius 22:29

Jawab Yesus: "Kamu sesat karena kamu tidak mengenal Kitab Suci ataupun kuasa Allah."

Filipi 4:13

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Yesaya 40:29

Ia memberikan kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.

Mazmur 62:11

Sekali Allah berbicara, dua kali aku mendengarnya: "Kekuatan adalah milik Allah,"

Kata "dunamis" juga digunakan dalam beberapa ayat lain dalam Alkitab, meskipun tidak selalu diterjemahkan secara langsung.

Catatan:

  • Kata "dunamis" dalam bahasa Yunani dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan berbagai kata, seperti "kekuatan", "kuasa", "kemampuan", "mukjizat", "keberanian", dll.
  • Arti "dunamis" dalam Alkitab selalu merujuk kepada kuasa Allah yang bekerja di dalam dan melalui manusia.

Semoga penjelasan ini membantu!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Tipe Kristen

bibir seorang kristen